5 tip ‘pas produk produk’ untuk membuat startup Anda sukses

5 tip ‘pas produk produk’ untuk membuat startup Anda sukses

 

5 tip 'pas produk produk' untuk membuat startup Anda sukses

5 tip ‘pas produk produk’ untuk membuat startup Anda sukses

Ruang dewan terdiam. Bagaimana mungkin sebuah perusahaan yang berkembang pesat dengan pendapatan $ 50 juta dalam kategori panas tidak cocok dengan pasar produk? Namun setelah menginvestasikan lebih dari $ 100 juta, kami sebagai dewan baru saja menyadari bahwa kurangnya pasar produk membuat bisnis ini terancam.

Product market fit (PMF) telah berkembang sebagai sebuah konsep dari waktu ke waktu. Selain itu, persyaratan PMF meningkat saat bisnis matang. Berikut ini adalah skema yang digunakan tim saya untuk menilai PMF sebelum melakukan investasi dan di antara perusahaan portofolio kami:

Kami memikirkan PMF dalam tiga tahap: Validasi Produk, Validasi Bisnis, dan Validasi Keuangan. Dalam pengalaman kami, perbedaan-perbedaan ini bermakna.
Di lebih dari 100 investasi dan lebih dari 50 pintu keluar di NGP Capital, kami menemukan bahwa, tidak mengejutkan, kesuksesan perusahaan berkorelasi dengan PMF. Sangat mengejutkan untuk mengamati sejauh mana keberhasilan perusahaan berbeda di ketiga tahap PMF ini.

[Baca: Inilah sebabnya ‘jika Anda membangunnya, mereka akan datang’ adalah saran buruk ]

Di antara perusahaan kami yang sudah ada, yang memiliki Validasi Produk ketika kami awalnya berinvestasi pada akhirnya memiliki tingkat keberhasilan 25% dengan keberhasilan yang didefinisikan sebagai hasil keuangan positif bagi investor dan pendiri. Perusahaan dengan Validasi Bisnis memiliki tingkat keberhasilan 50%. Mereka yang memiliki Validasi Keuangan memiliki tingkat keberhasilan 100%.

Mengoptimalkan pasaran produk
Pengusaha dan investor memiliki minat bersama dalam mengoptimalkan hasil perusahaan – atau memaksimalkan nilai untuk risiko yang diasumsikan dan modal atau waktu yang diinvestasikan.

Kami telah menemukan bahwa memahami elemen-elemen kunci PMF dan mengambil pendekatan sistematis dalam memvalidasi produk, bisnis, dan unit ekonomi pada setiap tahap dapat mengoptimalkan hasil perusahaan. Berikut adalah lima prinsip yang telah kami amati di antara keberhasilan perusahaan kami:

1. Hindari penskalaan dini
Penyebab utama kematian startup adalah kesalahan traksi dini untuk PMF. Perusahaan memenangkan pasar dengan menjadi yang pertama di PMF, bukan yang pertama ke pasar. Mempekerjakan setelah PMF mempercepat perusahaan. Mempekerjakan sebelum PMF memperlambat perusahaan, meningkatkan pembakaran dan risiko spiral kematian.

Seperti yang diamati Warren Buffett, “Hanya ketika air pasang surut, Anda mengetahui siapa yang berenang telanjang.” Setelah era steroid yang disponsori Softbank, akan ada banyak posting pantai telanjang baru.

2. Masuk lebih dalam sebelum mencoba melebar
Fokus dan menangkan segmen pasar. Ini adalah cara tercepat, paling efisien untuk menguji PMF dan model bisnis pada skala. Sebagai contoh, Ganji pertama-tama membuktikan bisnis iklan baris ponselnya di Beijing, kemudian mengembangkan buku pedoman ekspansi dan menguji kemampuan transfer modelnya ke kota baru ketika diluncurkan di Shanghai.

Hanya setelah memenangkan Shanghai, Ganji berkembang pesat di seluruh Cina. Ganji dijual seharga $ 3,6 miliar pada tahun 2015, akuisisi teknologi terbesar di Cina pada waktu itu.

3. Iterasi dengan cepat
Dalam biologi, spesies yang bereproduksi cepat (seleksi-r) bertahan hidup dan berkembang dengan baik di ekologi yang tidak stabil. Hal yang sama berlaku untuk startup. Iterasi yang cepat sangat penting untuk keberhasilan dalam lingkungan yang cepat berubah. Segmentasi pasar memungkinkan perusahaan untuk menjalankan beberapa percobaan yang dirancang dengan hati-hati secara paralel untuk menguji hipotesis kunci dan mengoptimalkan model bisnis.

Misalnya, UCWeb, portal seluler yang akhirnya diakuisisi Alibaba senilai $ 4,9 miliar, menjalankan pengujian A / B setiap hari. Demikian pula, Lime awalnya dibuka di setengah lusin kota dengan berbagai ukuran dan demografi untuk menguji variasi pada persembahan sepeda dan skutik yang dibagikannya sebelum meluas ke lebih dari 100 kota.

4. Fokus pada pendapatan

Ini mungkin terdengar jelas, namun saya sering mendengar perusahaan mengatakan, “Kami fokus pada pengembangan basis pengguna kami sebelum kami menguangkannya.” Monetisasi sangat penting untuk PMF yang kuat dan seringkali lebih sulit daripada yang diantisipasi.

Melayani sebagai contoh utama, Moovit meluncurkan aplikasi angkutan umum di lebih dari 2000 kota dan memiliki lebih dari 50 juta pengguna sebelum secara serius menguji model pendapatan. CEO Nir Erez sekarang mengakui bahwa dia seharusnya memulai lebih awal.

Meskipun butuh waktu lebih lama dari yang diharapkan, Moovit beruntung menemukan model pendapatan yang berkembang. Terlalu sering dana habis sebelum perusahaan dengan traksi yang bagus mempelajari cara memonetisasi penggunanya.

5. Mengukur kecocokan pasar produk

Perusahaan benchmark NGP Capital menggunakan metrik kunci untuk masing-masing dari sembilan kategori yang diidentifikasi dalam skema di atas. Sementara para wirausahawan fokus pada bisnis mereka, perbandingan peer group membantu mereka melihat di mana perusahaan mereka harus meningkatkan atau memperbaiki arah. Efisiensi pertumbuhan – rasio pertumbuhan pendapatan dengan tingkat pembakaran – harus meningkat seiring waktu jika perusahaan memiliki PMF.

Perusahaan berkinerja tinggi cenderung menjadi pengadopsi awal Skor Promotor Net. Phil Koen dikonversi Intermedia, bisnis layanan cloud, ke NPS di awal masa jabatannya dan melaporkannya dalam laporan CEO-nya di setiap pertemuan dewan menandakan fokusnya pada layanan pelanggan. Intermedia berkembang pesat di bawah pengawasan Phil dan akhirnya terjual sekitar $ 500 juta.

Walaupun sifatnya bervariasi, startup mengikuti jalur yang sama menuju sukses. Berkeliaran di sekitar unicorn dan

putaran pendanaan besar dengan mudah mengalihkan perhatian para pendiri dari tugas biasa, tetapi yang lebih vital, untuk mencapai PMF. Kesesuaian pasar produk mempercepat momentum pendapatan, mempersingkat siklus penjualan, menurunkan biaya akuisisi pelanggan dan menghasilkan hasil yang lebih menguntungkan. Pada akhirnya, seperti yang ditunjukkan poin-poin di atas, Anda mungkin akan terkejut mengetahui bahwa kesuksesan adalah akumulasi dari hal-hal kecil yang dilakukan dengan baik.

Re: Brand : Tahukah Anda bahwa kami akan mengadakan konferensi online tentang pemasaran digital? Re: Brand akan berbagi strategi tentang bagaimana merek masih dapat berhasil di masa yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Sumber:

https://blogs.uajy.ac.id/teknopendidikan/tukangkonten-com/