Guru Paud Butuh Perhatian

Guru Paud Butuh Perhatian

Guru Paud Butuh Perhatian

CIMAHI – Dinas pendidikan Kota Cimahi, meminta para penyelenggara Pendidikan Anak Usia Dini

(PAUD) bisa meningkatkan mutu pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Dikdik S Nugrahawan mengaku, selama ini pihaknya sering melakukan pembinaan-pembinaan secara rutin.

“Dinas selalu melakukan pembinaan kepada para pengelola PAUD termasuk didalamnya para tutor (pembimbing.red). Kegiatan tersebut selalu diikuti para tutor dengan antusias,” ujar Dikdik, diruang kerjanya, di Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi, kemarin (15/11).

Dirinya menuturkan, ada dua aspek pembinaan yang dilakukan dinas kepada para penyelenggara PAUD, pertama menyangkut manajemen. Kedua berkaitan dengan peningkatan fasilitas yang memang tidak sama dengan fasilitas sekolah yang dibiayai oleh pemerintah atau sekolah negeri.

“Karena PAUD ini menerima bantuan dana oprasional pendidikan (DOP)

juga menyangkut bagaimana yang bersangkutan bisa memahami standar pengajaran diantaranya apa yang harus dicapai dari peserta didik. Kebanyakan PAUD ini swasta. Hanya ada satu TK negeri di Kota Cimahi,” ujarnya.

Dari sisi penyediaan sarana prasana terutama yang berkaitan dengan tempat, Dikdik mengaku sulit memulai dan membantu PAUD. Namun demikian, pihak dinas tetap membantu dari sisi yang lain seperti alat peraga edukatip (APE).

“Mudah-mudahan dengan bantuan tersebut bisa melengkapi kebutuhan pengajaran

ditingkat PAUD,” ucapnya.

Saat disinggung terkait kesejahteraan tutor, Dikdik menyebutkan, setiap tahun pemerintah kota memberikan bantuan, namun karena tutor PAUD berjumlah banyak maka bantuan tersebut memang belum bisa mencukupi bagi mereka.

“Besar sih tidak tapi adalah dan tahun depan kita usahakan ada peningkatkan.Untuk tenaga pengajarnya sendiri, ada sekitar 1980 orang dan mengajar di sekitar 400 PAUD dan TK,” pungkasnya.

 

Sumber :

https://egriechen.info/