Menyusun naskah video pembelajaran

Menyusun naskah video pembelajaran

Menyusun naskah video pembelajaranMenyusun naskah video pembelajaran

Menyusun naskah video pembelajaran

Naskah untuk film atau video lazimnya dikenal dengan istilah skenario. Skenario merupakan bentuk tertulis dari gagasan atau ide yang menyangkut penggabungan antara gambar dan suara, yang dimaksudkan sebagai pedoman dalam pembuatan film atau video. naskah dapat diartikan sebagai jiwa dari sebuah video atau film oleh sebab itu seorang guru/ calon guru dituntun untuk cermat dalam pembuatan sebuah naskah video atau film pembelajaran. Secara umum pembuatan naskah pembelajaran akan meliputi serangkaian tahan antara lain :  (1) Penentuan ide cerita, (2) Sinopsis, (3) Treatment, dan (4) Skenario.

Santosa (2004 : 1) menjelaskan bahwa “beberapa hal yang perlu dilakukan dalam pembuatan sebuah naskah video pembelajaran yaitu : menganalisis masalah atau kebutuhan, merumuskan kompetensi pembelajaran, dan menyusun garis besar isi program”.

  1. Menganalisis Masalah dan Kebutuhan.

Guru atau calon guru sebagai penulis naskah harus dapat memili denga tepat kebutuhan apa yang akan ditulisnya sebelum divisualisasikan dalam bentuk video. beberapa langkah yang dapat dilakukan antara lain : (1) identifikasi masalah, (2) analisis kebutuhan, (3) prioritas pemecahan masalah. Sebagai guru/calon guru maslah yang muncul tentunya dari balikan kegiatan-kegiatan proses belajar mengajar atau assesment yang dilakukan.

  1. Merumuskan Kompetensi Pembelajaran.

Kompetensi pembelajaran yang akan divisualisasikan hendaknya berdasarkan untuk mengatasi maslah sesuai dengan standart kompetensi maupun kompetensi dasar. Dengan demikian media yang disiapkan harus memperhatikan : (1) kompetensi, (2) indikator keberhasilan siswa mencapai kompetensi, (3) sebagai pedoman dalam membatasi ruang lingkup penulisan naskah.

  1. Menyusun Garis Besar Isi Program

GBIP disusun berdasarkan kompetensi yang telah ditetapkan seperti diatas. Kemudian dikembangkan menjadi : apa tujuan program ini?, serta kemampuan atau pengalaman belajar apa yang diharapkan dari siswa untuk mencapai kompetensi sesuai tuntutan kurikulum.

Baca Juga :