Pengawas Sekolah Ujung Tombak Peningkatan Mutu Pendidikan

Pengawas Sekolah Ujung Tombak Peningkatan Mutu Pendidikan

Pengawas Sekolah Ujung Tombak Peningkatan Mutu Pendidikan

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Ba­rat, Dewi Sartika menegaskan pentingnya pengawas

sekolah dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dan mampu mewu­judkan visi pendidikan di Jawa Barat. Sebab pengawas sekolah adalah ujung tombak dalam peningkatakan mutu pendidikan.

”Pendidikan di Jawa Barat harus terus ditingkatkan, dan sebagai kompenen pendidik, pengawas harus hadir sebagai penjamin mutu di setiap sa­tuan pendidikan,” ucap Dewi, dalam kegiatan Seminar Pen­didikan yang bertajuk ’Revi­talisasi Peran Strategis Peng­awas Sekolah dalam Mening­katkan Mutu Pendidikan di Jawa Barat’ di Aula Ki Hajar Dewantara, Kantor Dinas Pendidikan Jawa Barat, Jalan Dr Rajiman Kota Bandung, belum lama ini.

Dalam kesempatan itu, Ka­disdik juga mengapresiasi pelaksanaan seminar pendi­dikan tersebut.

Dia berharap kegiatan tersebut mampu meningkatkan kompetensi serta memberikan perbaikan untuk pendidikan di Jawa Barat.

Untuk itu, Dewi mengajak seluruh pengawas untuk ber­kolaborasi dalam mewujud­kan visi Jawa Barat mengenai pemerataan pendidikan.

”Pengawas adalah mitra utama dalam pembangunan mutu, maka diharapkan mampu berkolaborasi misal­nya dengan KCD, serta mela­kukan inovasi, seperti me­nyiapkan instrumen-instru­men apa saja yang harus di­siapkan sekolah untuk me­ningkatkan mutu,”terangnya.

Dalam kesempatan itu juga, Dewi membahas seputar si­tuasi pendidikan di Jawa Barat.

Dia mengatakan, salah satu pembenahan yang harus dila­kukan adalah pemerataan pendidikan agar dapat diakses oleh seluruh masyarakat.

”Kita juga harus fokus dalam pendistribusian pendidikan, sehingga tidak ada lagi per­bedaan antara di daerah dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat yang kurang mampu,” bebernya.

Pelaksanaan seminar pendi­dikan tersebut dihadiri oleh kurang lebih 300 pengawas yang terdiri dari MKPS SMA, MKPS SMK dan KKPS SLB di seluruh kabupaten/kota Jawa Barat.

 

Sumber :

http://asage.org/index.php/ASAGE/comment/view/8/0/36607