Peran Guru Untuk Membangun Karakter Siswa

Peran Guru Untuk Membangun Karakter Siswa

Peran Guru Untuk Membangun Karakter Siswa

Pendidikan karakter adalah segala sesuatu yang dilakukan oleh guru yang mampu mempengaruhi

karakter peserta didik beberapa nilai karakter dasar tersebut adalah mencintai Allah dan ciptaannya tanggung jawab jujur hormat dan santun.

Hal tersebut dikemukakan oleh Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto pada acara Seminar Nasional Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Bandung di Gedung Yayasan Harapan Kasih Kompleks Mekar Wangi, Sabtu (7/10).

Lanjutnya, seiring perkembangan zaman pendidikan yang hanya berbasis hard skill

yaitu menghasilkan lulusan yang hanya memiliki prestasi dalam akademis, dengan hal tersebut harus mulai dibenahi pengembangan sistem pendidikan perlu keterkaitan antara komponen karakter yang mengandung nilai perilaku yang dapat dilakukan secara bertahap dan saling berhubungan antara pengetahuan dan nilai-nilai perilaku.

“Maka dari itu sebagai guru tidak hanya memberikan materi pelajaran saja, disamping itu harus memberikan pemahaman mengenai cara sosial agar ketika mereka lulus menjadi manusia yang pintar dan berjiwa sosial,” jelasnya.

Ditambahkan Yossi, untuk guru di jaman sekarang tidak hanya mampu mengajar

dan mengelola kegiatan kelas dengan efektif, namun juga harus mampu membangun hubungan yang efektif dengan siswa serta mampu menggunakan teknologi untuk masa depan yang lebih modern.

“Jadi guru itu dituntut untuk lebih berkembang memberikan pelajaran sosial dan teknologi. Karena di era modern ini teknologi merupakan perubahan yang mau tidak mau kita gunakan,” ujarnya.

Ditambahkan Yossi, maka untuk mewujudkan hal tersebut perlu diprioritaskan rencana kerja diantaranya mengoptimalkan pelaksanaan wajib belajar 9 tahun, peningkatan mutu pendidikan, fasilitas sarana dan prasarana dan pendidikan karakter.

“Insya Allah jika hal itu kita prioritaskan, maka pendidikan khususnya di kota Bandung akan lebih baik lagi,” tuturnya

 

Sumber :

https://planitdesign.org/kiat-menulis-kata-pengantar-untuk-makalah-yang-baik-dan-benar/