Repetisi Adalah

Table of Contents

Repetisi Adalah

Repetisi Adalah

Keraf (2004:127) berpendapat bahwa repetisi adalah perulangan bunyi, suku kata, kata atau bagian kalimat yang dianggap penting untuk memberi tekanan dalam sebuah konteks yang nyata. Sementara itu, menurut Ade Nurdin, Yani Maryani, dan Mumu (2002:22) berpendapat bahwa repatisi adalah gaya bahasa penegasan yang mengulang-ngulang suatu kata secara berturut-turut dalam suatu kalimat atau wacana. Dari pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa repetisi adalah gaya bahasa yang mengulang kata-kata sebagai suatu penegasan terhadap maksudnya.

Aku tumbuh, kau pun begitu. Kita saling berubah dan sama-sama berharap saling mengubah. Melalui ritme-ritme yang selama ini kupadukan dalam suatu catatan, kita stagnan. Fluktuasi yang kita harapkan hanya angan. Kita memutar sesuatu yang sudah basi, agar enak dipakai kembali. Dan begitu seterusnya. Sampai sama-sama memberanikan diri atau menyerah. Namun, pilihan kita bertahan.
Dalam bertahan itu entah kenapa tak terasa memuakkan. Mendaur ulang topik pembicaraan tetap terasa nyaman. Basa-basi yang sudah sangat basi pun tak terpaksa kita telan. Kepemilikan pun tak pernah kita pikirkan. Hanya keputusan naif atas percayanya kita berlabuh di satu tambatan. Aku yakin kita sama-sama percaya, kita berada di tengah ketidakmungkinan yang hampir absolut. Tidak ada jaminan, namun membiarkan dan tetap bertahan.
Dan pada akhirnya kita tetap dalam pola yang sama.
Jatuh hati dalam repetisi.